18 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat bawang putih. Apakah Anda tidak menyukai bau dari bawang putih? Walaupun bawang putih memiliki bau yang tidak enak, namun bawang putih memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Bawang putih termasuk rempah-rempah yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, India, dan negara-negara lainnya. Makanan yang dianggap tidak lengkap apabila tidak ditambahkan dengan bawang putih di dalamnya. Bawang putih memberikan rasa yang berbeda pada makanan. Selain digunakan sebagai salah satu bahan masakan, bawang putih memiliki berbagai manfaat lainnya.

Manfaat Bawang Putih
Bawang putih kaya akan senyawa seperti allicin, sulphur, zinc, serta kalsium yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, kecantikan serta sifat antibiotik dan antijamur. Bawang putih juga merupakan salah satu sumber yang kaya akan mineral yang dikenal sebagai selenium. Selenium diketahui dapat melawan kanker dan bekerja dengan vitamin E dalam tubuh untuk meningkatkan kekuatan antioksidan. Bawang putih juga berperan sebagai pengencer darah karena kandungan salisilat nya. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah dan meningkatkan kesehatan peredaran darah. Berikut manfaat bawang putih.






Manfaat Bawang Putih

  1. Mengobati Asma
  2. Mengobati Asma
    Bawang putih dapat bermanfaat untuk mengobati asma. Caranya dengan campurkan 10 tetes jus bawang putih dengan 2 sdm madu dalam segelas air. Minum setiap hari untuk mengontrol serangan asma.

  3. Mengobati Sakit Tenggorokan
  4. Mengobati Sakit Tenggorokan
    Caranya dengan mencampurkan jus bawang putih dengan air panas dan berkumurlah untuk mengobati sakit tenggorokan.

  5. Mengobati Batuk
  6. Mengobati Batuk
    Tambahkan 20 tetes jus bawang putih untuk segelas jus delima. Hal ini dapat membantu untuk menyembuhkan segala jenis batuk.

  7. Mengatasi Jerawat
  8. Mengatasi Jerawat
    Jus bawang putih dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat pada wajah. Oleskan jus bawang putih ke jerawat pada wajah selama 5 menit. Jangan mengoleskan jus bawang putih ke jerawat dalam jangka waktu yang lama seperti dioleskan pada saat mau tidur dan dibiarkan sampai bangun tidur, 5 menit saja sudah cukup.

  9. Mengobati Kebotakan
  10. Mengobati Kebotakan
    Bawang putih dapat dijadikan sebagai salah satu obat alami untuk mengobati kebotakan. Oleskan jus bawang putih ke titik-titik rambut. Lakukan dua kali sehari dan jangan sampai terkena mata.

  11. Menghilangkan Kutu Rambut
  12. Menghilangkan Kutu Rambut
    Jus bawang putih dapat menghilangkan kutu yang terdapat di rambut. Caranya dengan mencapurkan jus bawang putih dengan jus lemon, lalu pijat rambut Anda. Lakukan pada malam hari dan cuci pada saat pagi hari.

  13. Mengobati Gigitan Serangga Beracun
  14. Mengobati Gigitan Serangga Beracun
    Siapkan jus bawang putih, lalu oleskan dan pijat jus bawang putih tersebut ke area kulit yang terkena gigitan serangga beracun. Menggunakan jus bawang putih untuk mengobati gigitan serangga beracun merupakan salah satu pertolongan pertama.

  15. Menurunkan Kolesterol
  16. Menurunkan Kolesterol
    Jus bawang putih dapat dijadikan sebagai salah satu obat yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah serangan jantung dan berbagai penyakit lainnya yang disebabkan karena kadar kolesterol yang tinggi. Mengkonsumsi jus bawang putih dapat mengurangi penebalan dan pengerasan pembuluh arteri.

  17. Anti Jamur, Anti Penuaan, Memperhalus Kulit
  18. Anti Jamur, Anti Penuaan, Memperhalus Kulit
    Bawang putih memiliki kandungan yang banyak mengandung allicin yang memiliki sifat antijamur, anti-penuaan, dan dapat memperhalus kulit. Bawang putih juga dikenal untuk meningkatkan kadar antioksidan pada kulit dan tubuh.

  19. Mengurangi Peradangan
  20. Mengurangi Peradangan
    Bawang putih mengandung sulphur yang dapat mencegah infeksi dan membantu dalam mengurangi peradangan. Bawang putih juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah sehingga dapat mencerahkan kulit.

  21. Mengobati Jerawat
  22. Mengobati Jerawat
    Bawang putih juga dapat bermanfaat untuk mengatasi jerawat, hal ini karena bawang putih mengandung allicin yang memiliki sifat antijamur yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

    • Potong bawang putih menjadi beberapa bagian dan taruh di atas area yang terdapat jerawat. Gosok-gosok dengan perlahan, lalu diamkan selama 5 menit dan bersihkan dengan air dingin. Menggunakan bawang putih juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka
    • Anda juga dapat menggunakan cara lainnya untuk mengatasi jerawat, caranya dengan membuat jus bawang putih dari 2-3 buah dan campurkan dengan cuka putih. Cuka putih dapat membantu dalam menjaga tingkat pH kulit.


  23. Mengatasi Komedo
  24. Mengatasi Komedo
    Salah satu masalah kulit yang paling umum dan banyak yang mengalaminya adalah komedo. Komedo sering terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak.

    • Ambil 2-3 siung bawang putih dan hancurkan. Tambahkan dengan 1 sdm oatmeal, 1-2 tetes minyak pohon teh, serta setengah sendok teh jus lemon. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan madu agar membentuk pasta kental. Bersihkan terlebih dahulu kulit wajah, lalu oleskan pasta tersebut. Biarkan selama 2-3 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan 3 kali dalam seminggu.
    Anda juga dapat dengan menambahkan beberapa tetes jus bawang putih pada scrub buatan sendiri yang terbuat dari tepung kacang panjang dan kunyit.

  25. Anti Penuaan dan Mengecilkan Pori-Pori
  26. Bawang putih dapat bermanfaat sebagai anti penuaan dan dapat mengecilkan pori-pori. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu dalam melawan berbagai serangan radikal bebas. Bawang putih juga mengandung sulfur, yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen, sehingga dapat membantu dalam mengatasi keriput. Bawang putih juga mengandung senyawa polifenol. Hancurkan beberapa buah bawang putih dan tambahkan ke dalam jus, gunakan sebagai masker wajah biasa yang dapat mencegah penuaan dini dan jangan sampai terkena mata.

    Pori-pori yang membesar merupakan salah satu masalah umum penuaan kulit. Untuk meminimalkan pori-pori kulit, Anda dapat membuat pasta dengan menumbuk setengah tomat dan 3-4 polong bawang putih. Oleskan ke wajah dan tunggu 20 menit, lalu basuh dengan air hangat, dan percikkan air dingin ke wajah Anda. Tomat dan bawang putih keduanya dapat berperan sebagai antiseptik yang membantu dalam penyumbatan kulit, meminimalkan pori-pori, serta dapat mengencangkan kulit.

  27. Mengatasi Stretch Mark
  28. Mengatasi Stretch Mark
    Bawang putih dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk mengatasi stretch mark. Stretch mark sudah dikenal dapat diatasi dengan menggunakan bawang putih tersebut. Caranya dengan mengkonsumsi bawang putih dalam menu makanan Anda. Bawang putih dapat mengatasi stretch mark, hal ini karena bawang putih mengandung allicin dan belerang yang dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengatasi stretch mark.

  29. Mengatasi Rambut Rontok
  30. Mengatasi Rambut Rontok
    Salah satu manfaat bawang putih yaitu dapat mengatasi rambut rontok. Caranya dengan rendam beberapa siung bawang putih dalam minyak zaitun selama seminggu. Setelah seminggu, gunakan minyak tersebut untuk memijat kulit kepala Anda dan biarkan semalam, kemudian cuci rambut Anda seperti biasa. Gunakan minyak ini seminggu sekali.

  31. Mengatasi Rambut Beruban
  32. Mengatasi Rambut Beruban
    Bawang putih juga dapat mengatasi rambut beruban. Caranya dengan memanaskan minyak kelapa dan tambahkan biji lada hitam kering sedikit serta 3 siung bawang putih. Ketika sudah dingin oleskan minyak tersebut pada rambut Anda. Gunakan minyak rambut tersebut terus menerus selama beberapa hari untuk hasil yang maksimal.

  33. Mengobati Infeksi Jamur Kulit
  34. Mengobati Infeksi Jamur Kulit
    Bawang putih bersifat anti-jamur yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur kulit seperti infeksi jamur kulit pada kaki. Potong-potong beberapa siung bawang putih dan taruh di atas daerah yang terkena infeksi jamur kulit. Tutupi dengan menggunakan kain kasa dan biarkan semalaman. Pada pagi harinya, cuci kaki Anda sampai bersih dan oleskan minyak bawang putih pada daerah yang terkena infeksi jamur kulit, lalu tutup dengan kaus kaki. Ulangi proses tersebut selama beberapa hari.

  35. Menurunkan Berat Badan serta Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
  36. Menurunkan Berat Badan serta Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
    Bawang putih mengandung sulfur yang bekerja dengan vitamin B kompleks dan metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut Anda serta membantu dalam menurunkan berat badan. Ambil air dari setengah lemon, campurkan dengan air hangat dan dua siung bawang putih, lalu konsumsi dua kali sehari selama 2-3 bulan.

Tips Menggunakan Bawang Putih

Tips Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih mengandung allicin yang dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Kandungan allicin dalam bawang putih dapat hancur apabila Anda menggunakan microwave.

Pastikan Anda menggunakan bawang putih sangat hati-hati. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang apabila sering digunakan pada kulit dapat mengakibatkan lecet dan ruam. Lakukan tes terlebih dahulu untuk memasikan bahwa bawang putih tidak menyebabkan reaksi apapun. Karena sifat dari bawang putih tersebut, membuat masker kulit dan rambut dari bawang putih tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki kulit yang sangat sensitif.

Itulah 18 manfaat bawang putih bagi kesehatan dan kecantikan.  Alangkah baiknya, ketahui terlebih dahulu apakah Anda memiliki kulit yang bagaimana. Apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan bawang putih sebagai bahan dasar masker kulit dan rambut.

0 Response to "18 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Poskan Komentar